Minggu, 23 Desember 2012

Nama           : Wijaya Kusuma
NPM           : 22108042
Kelas           : 1KB05 (Pengulangan)
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar Sebagai Salah Satu MKDU


PEMBAHASAN
1.1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ISD
Ilmu sosial dasar  adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji masalah–masalah sosial yang timbul dan berkembang dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial.
1.2. Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan ISD
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian individu agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri–ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap individu tersebut. Khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia–manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
ISD juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala–gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, serta penalaran seseorang dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan. Sehingga kepekaan seseorang pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
1.3. Mahasiswa dapat menyebutkan 3 kelompok ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu adalah Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Budaya atau yang lebih umum disebut adalah Ilmu Pengetahuan Humaniora. 
Pengelompokan ilmu pengetahuan ini yang mendasari pengembangan Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Alamiah Dasar bisa di satu keterkaitkan dengan IPA Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Sosial Dasar bisa di satu keterkaitkan dengan IPS Ilmu Pengetahuan Budaya dan Ilmu Budaya Dasar bisa di satu keterkaitkan dengan Humaniora pada dasarnya semuanya saling keterkaitkan dengan salah satu bidang yang sama dan tujuan yang sama.
 Penjelasan Ilmu Pengetahuan Alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar, yaitu mempelajari tentang metode-metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala-gejala alam secara lebih filosofis.
Penjelasan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Sedangkan Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori seperti (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti (Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).
Penjelasan  Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat, Hukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari manusia.

1.4. Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan antara ISD dan IPS

 Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
A. ISD diberikan di Perguruan Tinggi, sedang IPS diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
B. ISD merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
C. ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan Intelektual.
1.5. Mahasiswa dapat menjelaskan persamaan antara ISD dan IPS
Adapun persamaan antara keduanya adalah :
A. Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/ pengajaran.
B. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
C. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

1.6. Mahasiswa dapat menyebutkan 3 golongan bahan pelajaran ISD
ISD meliputi dua kelompok utama yaitu, studi manusia dan masyarakat serta studi lembaga-lembaga sosial. Studi manusia terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedangkan studi lembaga terdiri atas ekonomi dan politik. Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, terlebih dahulu kita harus dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Dengan demikian, bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu;
  • Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandanganya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/ multidisiplin.
  • Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan­-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan konsep “Kesatuan sosial”. Bertolak dari kedua konsep tersebut, dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat masalah-masalah sosial.
  • Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial, antara satu dengan lainnya saling berkaitan.

Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 pokok bahasan. Dari delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga, dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan
masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar